Jebolan Fikom Buka Praktik Dokter Jiwa

Bandung – Selama setahun buka praktik dokter spesialisasi kejiwaan gadungan, Erwan David (37), menerima kurang lebih 2.684 kunjungan. Bukan itu saja, selama praktik ia memiliki antara 12 hingga 20 pasien tetap.

Menurut data dari catatan pasien yang mengunjungi klinik praktik sang dokter kejiwaan gadungan di Jalan Cijagra II No 11, Buah Batu, tercatat sebanyak 2.684 nama pasien yang mengunjungi klinik tersebut.

“Itu yang akan kita kembangkan apakah catatan tersebut merupakan pasien atau hanya kunjungan,” kata Kapolres Bandung Tengah AKBP I Wayan Suparta kepada wartawan saat gelar perkara penangkapan dan pengungkapan dokter gadungan di Mapolsekta Lengkong, Jalan Buahbatu, Selasa (28/7/2009).

Namun, imbuh Kapolres, selama praktiknya tersebut Erwan telah memiliki pasien tetap. “Antara 15-20 pasien tetap yang selalu datang ke tempat kliniknya,” ujar Kapolres. Dalam menjalankan modus kejahatan dokter palsu, Erwan selalu memberikan resep obat untuk pasien penderita depresi. Erwan ditangkap Jumat 19 Juli 2009 lalu oleh Polsekta Lengkong setelah mendapatkan informasi dari masyarakat mengenai keberadaan praktik dokter yang mencurigakan.

Dalam penangkapannya, polisi menyita beberapa barang bukti yang dilakukan tersangka antara lain, papan nama praktik atas nama dr Erwan David, Sp. Kj, 53 buku catatan resep kosong, 1 lembar kartu KKI dari Konsil Kedokteran Indonesia atas nama tersangka yang merupakan hasil scan, 1 lembar SIP dari Dinkes Kota Bandung yang merupakan hasil scan, serta beberapa bahan logam untuk pencetakan logo. (ahy/ern)

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.