Jumlah Penderita Gangguan Jiwa Pasca Pemilu Akan Meningkat

RSUD Bayu Asih Siap Tampung “Caleg Gila”
Rabu, 25 Maret 2009, 07:12:25 WIB

Jakarta, RMonline. Rumah Sakit Umum Daerah Bayu Asih Purwakarta siap menangani para calon legislatif (caleg) yang mengalami gangguan jiwa, karena tak berhasil menjadi anggota legislatif di Pemilu mendatang.

Namun karena minimnya sarana, rumah sakit milik pemda ini hanya menerima konsultasi dan pemeriksaan, tanpa rawat inap.

Kasie Sistem Informasi dan Rekam Medik RSUD Bayu Asih, Tri Muhamad Hani, Selasa (25/3) memprediksi, pasien gangguan kejiwaan akan meningkat seusai pelaksanaan pemilihan legislatif.

Biasanya, pasien gangguan kejiwaan dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa di Jalan Riau Bandung. Dikatakan Hani, RSUD Bayu Asih tak memiliki fasilitas rawat inap untuk pasien gangguan jiwa.

“Kami hanya merujuk ke rumah sakit jiwa,” katanya, seprti yang dilaporkan Pasundan Eksprs, Selasa (24/3)..

Dia menjelaskan, penyebab munculnya gangguan kejiwaan, salah satunya tekanan hidup, persaingan hidup yang semakin keras, sempitnya lapangan pekerjaan dan tekanan ekonomi.

Caleg juga bisa menjadi terganggu jiwanya saat mereka kalah, karena ia sudah terlanjur banyak menghabiskan uang sementara hasilnya nihil.

“Jiwa mereka bisa saja terguncang,” lanjut Hani.

Jumlah pasien yang alami gangguan jiwa di RSUD Bayu Asih pada Oktober 2008 hingga Februari 2009, sangat fluktuatif. Oktober 2008 lalu, tercatat pasien baru 14 orang dan pasien lama 99 orang.

Sedangkan November 2008, pasien baru 12 orang dan pasien lama 113 orang. Pada Januari 2009, jumlah pasien baru meningkat mencapai 32 orang dan pasien lama 119 orang. Dan bulan Februari 2009, pasien baru 13 orang dan pasien lama sebanyak 127 orang. [hta]

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.